SERIGALA MEMETIK ANGGUR

Fabel oleh Aesop



Pada suatu hari, seeekor serigala yang lapar menemukan tanaman anggur. Beberapa gerombolan anggur ranum tergantung di sana. Serigala pun menitikkan air liurnya.

"Kelihatannya lezat sekali, aku harus bisa memetiknya," pikir Serigala. Ia pun meloncat untuk memetik buah anggur itu. Berkali-kali serigala meloncat tetapi ia tidak berhasil memetik buah anggur itu.

Serigala menjadi penasaran. Sekali lagi ia meloncat tinggi-tinggi. tetapi tetap saja serigala belum berhasil meraih buah anggur ranum itu.

Serigala Memetik Anggur



Perbuatannya itu terlihat oleh Kelinci dan Tupai yang sedang lewat. Mereka menertawakan kebodohan serigala. Kemudian, mereka pun berteriak, "Teruskan perjuanganmu, serigala bodoh!"

Akhirnya, Serigala putus asa. Ia merasa kesal dan malu dan segera meninggalkan tepat itu sambil berkata,"Sebenarnya aku tidak ingin makan buah anggur ini. Sebab, buahnya masih hijau asam, dan tidak enak dimakan."

Semua binatang dalam hutan itu menertawakan kebodohan si serigala.


Nilai moral yang dapat dipetik dari cerita dongeng tersebut adalah :

Berusahalah untuk pantang menyerah meskipun lingkungan disekitarmu menertawakanmu dan meremehkanmu. Dan belajarlah untuk menerima kekecewaan dan kegagalan dalam hidupmu tanpa membuat banyak alasan atas kegagalanmu itu.


Komentar